Cara Mengetik Ijazah dan Sertifikat

         
Sebagaimana kita ketahui bahwa program aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk melakukan pengolahan kata. Dalam kegiatan sehari – hari administrasi kantor aplikasi ini sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam pengetikkan surat – menyurat. Jadi untuk mengerjakan segala jenis pekerjaan yang berkaitan dengan data dokumen seperti pembuatan surat, makalah, paper, tesis, skripsi dan sebagainya pada komputer dikerjakan dengan menggunakan software/program aplikasi pengolah kata. Pada komputer dengan sistem operasi Windows, secara default biasanya sudah terpasang program aplikasi pengolah kata yaitu microsoft office word.
          Ijazah dan sertifikat adalah satu dokumen berharga yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan suatu ujian sehingga mendapat pengakuan berupa legalitas dari lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut. 
          Langkah – langkah yang harus diperhatikan pada waktu mengetik ijazah dan sertifikat sebagai berikut:

1.  Aturlah terlebih dahulu page layoutnya. Secara default tampilan halaman baru Ms Word marginnya normal, orientation portrait, paper size A4. Tapi kita juga dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dengan mengklik tooltip page setup sehingga lebih fleksibel pengaturan batas kertas yang diinginkan.
2.  Pastikan jika komputer telah terseting skala centi meter untuk pengaturan page setup halaman. Jika masih dalam bentuk inchi maka dapat  diubah dengan cara:
a.    Klik tombol office button di pojok kiri atas
b.    Klik word options
c.    Klik advanced
d.    Arahkan kursor di sebelah kanan ke bawah sampai pada Display
e.    Pada tulisan show measurement in units of  dipilih centimeters.
3.  Ketiklah terlebih dahulu judul ijazah dan sertifikat sampai dengah isinya sampai selesai lurus dari tepi kiri.
4.  Setelah selesai aturlah bagian – bagian dari ijazah dan sertifikat yang harus dibuat rata tengah (center) dan bagian mana yang harus tetap dibuat rata kiri.
5.  Atur pula font size yang harus dibuat besar terutama bagian judul ijazah dan sertifikat.
6.  Atur jarak barisnya supaya seimbang antara bagian satu dengan yang lain.
7.  Jika ijazah perlu diberi border maka caranya sebagai berikut:
a.    Klik menu page layout
b.    Klik page borders sampai muncul kotak dialog borders and shading
c.    Pada tab borders arahkan kursor ke bagian Art
d.    Pilih salah satu model art atau hiasan border yang diinginkan
e.    Untuk mengatur besarnya border dapat dengan memilih width sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar angka width yang dipilih akan semakin lebar bordernya.
8.  Sebelum dicetak perhatikan dan teliti kembali apakah semua informasi telah diketik dengan benar, jangan sampai ada kesalahan sedikitpun sebab bisa berakibat fatal.
          Demikian tips cara mengetik ijazah maupun sertifikat. Semoga bermanfaat!         

0 komentar