PENTINGNYA MENGETIK 10 JARI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA




Oleh Tri Winarsih
Mengetik 10 jari adalah suatu teknik mengetik di atas mesin ketik manual atau keyboard komputer dengan cara memfungsikan 10 jari tangan untuk menombol tuts – tuts tertentu sesuai tugasnya masing – masing. Ilmu yang satu ini biasanya hanya diajarkan di sekolah menengah kejuruan (SMK) khususnya jurusan Administrasi Perkantoran. Seseorang yang mampu mengetik menggunakan 10 jari akan terlihat lebih profesional dan enak dilihat pada waktu mengetik. Jari – jari yang telah difungsikan dengan baik seolah – olah menari – nari dengan lincah mengikuti perintah sang pengetik hingga dalam waktu sekejab terselesaikan tugas pengetikan yang jumlahnya tidak sedikit.

    Mengetik 10 jari sangat besar manfaatnya dalam meningkatkan produktivitas kerja. Hal ini bisa dilihat dari efisiensi dan efektivitas hasil sebuah pengetikkan yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat serta hasil yang memuaskan. Kita dapat bayangkan bagaimana jadinya jika seorang sekretaris, penulis, pelajar, mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas pengetikan tapi tidak bisa lancar mengetik. Hal ini tentu saja akan sangat tidak efisien, banyak mengeluarkan waktu dan tenaga. Sebaliknya jika mereka mahir menggunakan 10 jari tangannya untuk mengetik dengan cepat dan tepat maka akan diperoleh kepuasan tersendiri. Oleh karena itu sangat penting mempelajari sekaligus menerapkan pengetikan 10 jari dalam kehidupan sehari - hari agar produktivitas kerja meningkat.
    Namun demikian masih banyak dijumpai pengguna komputer yang belum mampu menerapkan pengetikan 10 jari sebab selain tidak tahu caranya, mereka juga belum tahu ilmunya. Jika ada beberapa orang yang sudah tahu cara dan ilmunya terkadang juga malas menerapkan karena lebih suka mengetik dengan gaya bebas semaunya sendiri tanpa terikat aturan – aturan yang ditentukan. Memang semua kembali kepada individunya masing – masing, mau berniat bisa mengetik secara profesional atau tidak.
    Berikut ini beberapa trik mengetik cepat menggunakan 10 jari yang bisa dilatih sendiri di rumah tanpa harus melalui jalur kursus atau mengikuti diklat.
1.    Berlatih Manual
    Sebelum berlatih secara manual maka harus diketahui dan dihafalkan terlebih dahulu fungsi masing – masing jari, khususnya penempatan jari tangan kita pada tuts basis atau tempat di mana jari – jari tangan kita selalu siap di home key (A, S, D, F, J, K, L, ;). Jadi pada saat kita akan mengetik dan pada saat sedang mengetik  semua jari selalu siap berada kembali di tuts basis kecuali ibu jari berada di bilah spasi. Perhatikan bagan fungsi jari- jari  tangan berikut ini:

    Dari bagan di atas dapat diringkas fungsi jari – jari tangan sebagai berikut Jari kelingking kiri berfungsi menombol  tanda ~ ! dan angka 1, tombol tab dan Q,   tombol caps lock dan A, shift kiri dan Z.  Jari manis kiri berfungsi menombol tanda @ dan angka 2,  W, S, X. Jari tengah kiri berfungsi menombol tanda # dan angka 3, E,    D, C.  Jari telunjuk kiri berfungsi menombol tanda $ % dan angka 4, 5, R, T, F, G, V, B. Jari jempol kiri berfungsi menekan bilah spasi. Jari kelingking kanan berfungsi menombol tanda ) angka 0 dan Backspace. Jari manis kanan berfungsi menombol P, tanda  ; “ ‘ dan enter, tanda / dan shift kanan, tanda ( dan angka 9, O, L, tanda > .,  tanda * dan angka 8, I, K, tanda < dan ,. Jari telunjuk kanan berfungsi menombol  tanda ^ & dan angka 6, 7, Y, U, H, J, N, M. Sedangkan jari jempol kanan dan jari jempol kiri berfungsi menekan bilah spasi.
Cara paling mudah untuk melatih jari – jari tangan kita agar cepat terampil dapat dengan berlatih mengetik kalimat the quick browns fox jumps over the lazy dog. Ketiklah kalimat tersebut dengan pelan – pelan terlebih dahulu secara  berulang – ulang sampai satu halaman penuh setiap hari. Jika sudah dirasa cukup hafal bisa mencoba dengan kalimat lain dengan tanpa melihat keyboard misalnya mengetik kalimat blowzy red vixens fight for a quick jump. Berusahalah untuk selalu mengetik 10 jari dengan tekun, jujur, disiplin dan penuh semangat agar segera tercapai keinginan menjadi pengetik profesional.
2.    Berlatih mengetik menggunakan aplikasi/program dan game
Apabila kita sudah mampu menguasai teknik dasar mengetik 10 jari seperti dijelaskan sebelumnya, maka untuk meningkatkan kecepatan mengetik 10 jari dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi/ program dan game. Tentu saja berlatih mengetik menggunakan program ini lebih menarik dan menyenangkan karena diseting full game yang memberi tantangan tersendiri bagi sang pengetik. Terdapat banyak pilihan program aplikasi pengetikan dan game yang sangat efektif membantu mempercepat target kecepatan mengetik diantaranya TIPP10, Typing Master Pro, Typing Tutor, Rapid Typing, Typer Shark dan sebagainya. Software program – program tersebut dapat kita download dengan mudah di internet baik yang berbayar atau yang gratis.
3.    Berlatih dengan bantuan situs internet
Metode lain yang dapat membantu pengetik berlatih mengetik cepat adalah dengan bantuan situs internet secara on line. Typingweb dan typeonline merupakan dua situs yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan mengetik 10 jari. Jika kita berlatih dengan situs – situs tersebut dapat menambah semangat karena selain mendapat panduan juga akan dites kemampuan pengetik. Bahkan jika pengetik sudah mahir dan menginginkan sertifikat, dapat diperoleh di situs typingweb.
Untuk mengecek tingkat kemampuan seorang pengetik apakah sudah cepat dan tepat hasil ketikkannya maka dapat dihitung menggunakan rumus manual. Standar kecepatan seorang pengetik minimal 150 entakan per menit (epm) dan standar keakuratan maksimal 100% benar. Rumus untuk menghitung kecepatan jumlah karakter ketikan dikurangi jumlah karakter yang salah dibagi waktu mengetik. Jika seseorang dalam waktu 10 menit dapat mengetik 1.615 karakter dengan kesalahan 5 karakter maka kecepatan orang tersebut mencapai 161 epm. Berarti kecepatan mengetiknya sudah standar. Pengetik dikatakan mahir mengetik jika telah mencapai kecepatan lebih dari 200 epm. Sedangkan rumus untuk menghitung ketepatan atau keakuratan hasil ketikan adalah jumlah ketikan dikurangi kesalahan dibagi jumlah ketikan dikalikan 100%. Seorang pengetik diharapkan dapat mengetik dengan sempurna tanpa ada kesalahan sedikitpun.
Demikianlah beberapa metode mengetik 10 jari yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kecepatan mengetik. Kita bisa pilih salah satu metode atau semua bisa dicoba asalkan telah menguasai teknik dasarnya terlebih dahulu. Dengan niat dan tekad yang kuat serta keuletan untuk selalu berlatih sungguh – sungguh akan membuat pengetik semakin profesional.

0 komentar