Trik Presentasi Supaya Kamu Percaya Diri Dan Disegani

Presentasi adalah suatu hal yang membuat takut setiap orang, padahal rasa takut ini bisa dihilangkan kalau kamu sering berlatih pada intinya adalah jam terbang yang terus menerus dan akhirnya sedikit demi sedikit rasa takut akan berkurang. Bagi pelajar Presentasi inilah sebenarnya yang seharusnya dijadikan ajang latihan yang suatu saat nanti akan berguna disaat menjadi pekerja di sebuah perusahaan. Presentasi akan melatih kamu punya kemampuan berbicara di depan guru, teman sekelas jika nanti sudah kuliah pasti akan dituntut presentasi di depan para dosen. Skill presentasi sangat berguna sekali saat nanti bekerja diperusahaan menyampaikan ide, gagasan serta presentasi produk yang endingnya penjualan. Bagaimana kualitas presentasi baik dan benar ada 5 tips dibawah agar persiapan apa saja yang dibutuhkan dalam presentasi ?



Pertama, Fokuskan Objek mana yang menjadi poin utama dalam presentasi.

Kebanyakan seseorang saat membawakan presentasi tidak memahami apa yang menjadi poin inti yang dibicarakan. Kalau sudah begini dijamin presentasi yang kamu lakukan jadi tidak menarik di depan audience, misal presentasi produk dituntut menguasai produk knowledge sehingga akan menarik saat menyampaikan keunggulan barang tersebut. Kamu juga akan dianggap kompeten dan profesional menyampaikannya. Sekali lagi fokuskan Objek yang mana yang menjadi poin penting dalam presentasi. 

Kedua, Sampaikan dengan singkat dan lugas.

Siapa sih yang betah duduk berlama-lama mendengarkan orang ngomong gak selesai-selesai tidak ada ujung, yang jelas akan merasa bosan dan risih mendengarkan Presentasi yang sangat lama, ideal dalam presentasi 1jam itu sudah termasuk lama. Jadi sampaikan secara lugas dan singkat dan intinya mudah dicerna oleh pendengar.

Ketiga, Jangan terlalu tegang kombinasikan dengan candaan dan senyum apalagi terlihat gugup

Hidari perasaan gugup saat tampil presentasi kombinasikan dengan bercanda dengan senyuman yang bersahabat, orang akan menilai presentasi kamu terlihat santai dan tidak membosankan. Problem utama dari presentasi seseorang adalah nervous sehingga banyak materi yang tadinya sudah siap disampaikan hilang gara-gara gugub disertai rasa nervous dan tegang. Kalu ingin hasil yang optimal hilangkan perasaan nervous, tegang dan gugup, tentunya dengan banyak berlatih dan jam terbang itu sendiri.

Keempat, Jangan tundukkan pandangan, membuat orang lain menyepelekan kamu.

Usahakan didalam presentasi kamu kenali dulu audien sesekali kontak mata satu atau beberapa orang agar suasana semakin akrab. Selain itu menjadi tolok ukur seberapa efektifkah presentasi di depan audiaens. Lagian kalau pandangan mata selalu tertunduk interaksi audiens dan pembicara kurang efektif.  Tujuan dan maksud dari presentasi tersampaikan dengan jelas dan gamblang di terima audiens, terlihat pula kepiawaian kamu mnyampaikan materi dan terkesan profesional.

Kelima, Berbicaralah di depan cermin agar menambah percaya diri.

Terkadang Presentasi terlihat tidak profesional karena pemateri terlalu sering melihat slide power point, sungguh ini benar-benar harus dijaga karena akan mengurangi kepercayaan diri dan terlihat kalau tidak menguasai penuh materi yang ada di slide yang dipresentasikan. usahakan terlebih dahulu matangkan dengan materi yang akan disampaikan di depan audiens.

Demikianlah kelima poin dalam melakukan presentasi profesional mudah-mudahan menjadi koreksi bagi kita semua apa-apa yang harus dihindarkan disaat melaksanakan tugas presentasi, semoga bermanfaat amiiin.






0 komentar