Tutorial membuat Blog sederhana

Dalam membuat blog dipastikan harus memiliki email, kalau menggunakan layanan Blogger sebaiknya memiliki akun di gmail. Oke Teman-teman kita mulai step by step supaya dalam pembahasan mudah dalam memahaminya. Sudah kita ketahui bersama bahwa membuat blog di blogger gratis atau disebut juga sebagai "Web Blog" salah satu aplikasi web dimana saat membuat postingan sangat berurutan mulai postingan yang lama hingga postingan terbaru. Oke saya asumsikan teman-teman saya anggap memiliki akun email untuk memulainya. Langsung saja ya......

  1. Dipersilakan teman-teman mengunjungi http://blogger.com/
  2. Kemudian lihat dibawahnya baru untuk merubah menjadi bahasa indonesia
  3. Untuk selanjutnya dipersilakan untuk login ke blogger mengunakan username maupun password yang telah dibuat
  4. Kemudian melakukan pengisian data formulir
  • Isi sesuai nama profil blog yang akan ditampilkan
  • silakan pilih jenis kelamin yang diisikan contoh: Perempuan
  • Melakukan ceklis agreement yang ditetapkan oleh blogger
     5. Pilih klik Lanjutkan dan melakukan klik blog baru
     6. Formulir yang akan diisi selanjutnya form berikut:

  • Judul misal bisa ditulis, contoh: Tutorial membuat blog dari blogger
  • Mengisikan alamat blog yang dinginkan
  • memilih themplate blog

Bagaimana setting Themeplate di blog agar blog terlihat elegan?


Blogger memiliki banyak sekali themplate bagus yang sesuai dengan selera kamu semua tinggal masuk ke tema disana akan ada beberapa themplate untuk mempercantik blog kalian dan tentunya memilih salah satu saja untuk digunakan. Bagi yang memiliki themplate berbayar bisa menggunakannya dengan cara mengupload themplate yang sudah kalian beli dari vendor penyedia themplate masuk ke tema lalu klik backup/pulihkan untuk mengupload themplate kamu, seperti blog berikut saya dapatkan themplate dari layanan kentozz com.





Catatan: Supaya search enggine google tidak menganggap blog kamu spam, sebaiknya minimal memiliki postingan artikel

Akun blogger ada 2 jenis pertama jika kita sebagai full admin dari sebuah blog blogger akan lebih leluasa dalam mengatur siapa saja yang akan kita tunjuk sebagai writer atau penulis di blog kita, termasuk jika kita menginginkan penulis blog tersebut tersebut kita berhentikan sebagai penulis, tentu saja sebagai admin punya hak memberhentikan siapa saja yang diinginkan dan menunjuk siapa saja yang akan menjadi penulis atau yang mau berkontribusi menulis diblog kita, cukup canggih ya si blogger ini.

 Jika gunakan versi indonesia klik Setelan===>Dasar===>Pilih team kamu sebagai admin atau penulis.

Kedua, kalau sebagai penulis tidak bisa untuk mengakses sebagai admin, hanya bisa posting tulisan maupun image saja.

Catatan: Satu blog bisa ditulis oleh berapa penulis dengan mendaftarkan emailnya ke admin dan tentunya admin akan menyetujuhi penulis tersebut untuk berkontribusi menulis di blog miliknya.

Bagaimana memulai menulis di Blog baru kalian?

Perlu diketahui ya teman-teman, usahakan dalam menulis harusnya artikel yang original alias tulisan hasil karya kamu sendiri. Alasannya mengapa harus ori, sebab tulisan original lebih disukai oleh search enggine atu mesin pencari. Beda dengan hasil copas artikel lebih mudah diketahui karena mesin pencari, dan tentunya pada saat di crawl sangat bahaya tuh, bisa - bisa di diskualifikasi alias tidak mendapatkan traffik lagi dari mesin pencari, sangat disayangkan  bukan hasil susah payah kita dianggap plagiat oleh mesin pencari. Oke dalam pembuatan blog sangat menentukan adalah artikel-artikel berkualitas supaya lebih seo frendly dan tentunya disukai oleh mesin pencari alias trafik akan terbantu untuk mendapatkan kunjungan dari pembaca. Usahakan sebelum memposting artikel ada baiknya disiapkan terlebih dahulu dan disimpan di ms word kamu kalau sudah artikel nanti akan di posting di halaman pertama kamu okeee...cara postingnya bisa klik tombol entri baru.



0 komentar