Definisi Printer

Peripheral Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto. Peripheral adalah alat pendukung pada PC sehingga PC dapat dioperasikan. Tanpa peripheral komputer tidak mungkin dapat dioperasikan contoh RAM (random acces memory), VGA Card (video ghrapic aray) , dan lain-lain.

Printer dapat bekerja dengan dilengkapi peralatan tambahan yaitu :

  1. Kabel Data

    Digunakan untuk menghubungkan antara printer dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam printer yaitu : USB ( Universal Serial Bus) atau Parallel.


  2. Power Supply

    Menghubungkan printer dengan sumber listrik. Terdiri dari adaptor dan kabel penghubung ke printer.



Bagian-bagian Printer
  1. Casing printer
  2. Panel operator
  3. Tempat kertas masuk
  4. Tempat kertas keluar
  5. Penutup depan

Istilah dalam printer

Drum Bagian dari printer laser yang digunakan untuk memutar toner ke sebuah halaman. Ini kadang-kadang disertakan bersama kartrid toner.

Parallel port Soket tunggal di bagian belakang PC yang biasanya digunakan untuk berhubungan dengan printer atau scanner.


Toner Tinta serupa bubuk yang digunakan dalam printer laser atau fotokopi. Sebagian besar tipe toner adalah karsinogenik.

USB Singkatan dari Universal Serial Bus. Standar koneksi yang cepat dan mudah dari peripheral eksternal seperti printer dan scanner ke PC Anda

Resolusi Jumlah detil yang terlihat pada gambar, entah itu di layar monitor atau di hasil cetak. Untuk printer dan scanner, resolusi diukur dengan satuan dot per inci (dpi) - jumlah titik tinta atau toner dalam satu inci persegi.

0 komentar