IDENTIFIKASI GERAK TUBUH PELANGGAN


Identifikasi Bahasa
A. Konfirmasi adalah memperteguh/memastikan suatu hubungan. Dengan memeriksa kembali semua data (alamat pengiriman, penagihan, dan daftar pesanan) untuk dipastikan kepastiannya
B. Diskonfirmasi ialah pembatalan hubungan, baik secara langsung maupun lewat media
C. Pendukung Komunikasi
1. Menguasai permasalahan

2. Cakap berkomunikasi

3. Berkomunikasi dengan menggunakan internet

4. Bahasa yang komunikatif
yaitu bahasa mudah dimengerti pihak yang terlibat dalam komunikasi
D. Penghambat komunikasi
1. Kurang pengetahuan

2. Sikap yang salah

3. Peralatan yang tidak dikuasai

4. Salah diartikan Oleh penerima pesan
E. Bahasa yang mendukung sinyal-sinyal keputusan pelanggan
Seorang pembeli yang telah memutuskan untuk membeli akan terlihat dari :
a. Menganggukan kepala
b. Barangnya “bagus”
c. Mengatakan, “oke saya beli satu”.
d. “Boleh tidak saya bayar dengan kartu kredit ”, sambil membuka dompet untuk mengeluarkan kartunya


Identifikasi Gerak Tubuh Pelanggan
Identifikasi Gerak Tubuh
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi atau proses pemberian arti sesuatu antara dua atau lebih orang dan lingkungannya bisa melalui simbol, tanda atau perilaku yang umum, dan biasanya terjadi dua arah.
Menyapa adalah lambang terjadinya komunikasi.
A. Pengertian Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan tutur kata baik dengan tulisan maupun tidak, dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Pitch
  • = ketinggian suara

  • Intonation
  • = intonasi

  • Courtesy
  • = kesopanan

  • Tone
  • = nada

  • Understanding
  • = pengertian

  • Rate
  • = kecepatan

  • Enunciation
  • = lafal ucapan
    B. Proses Komunikasi Verbal
    C. Pengertian Komunikasi Non Verbal (Non-Verbal Communication)
    Komunikasi non-verbal adalah kontak mata, ekspresi wajah, penampilan fisik, nada suara,
    gerakan tubuh, pakaian dan aksesoris yang kita gunakan semuanya memberikan efek atau
    pengaruh yang cukup besar terhadap penyampaian pesan
    Hal yang perlu diperhatikan dalam (bahasa tubuh/sikap tubuh) adalah :

  • Eye contact 50%-70%
  • = kontak mata

  • Facial expression
  • = ekspresi wajah (merengut, senyum, tampang marah dsb)

  • Body posture
  • = postur tubuh

  • Touch
  • = sentuhan (tapi hati- hati)

  • Acsesories
  • = perlengkapan badan dan pakaian
    D. Proses komunikasi Non Verbal
    Menyambut dengan hormat, senyum, kemudian merekatkan kedua tangan.

    Berjabat tangan tanda setuju dan kompak.

    Etika dan Etiket Berkomunikasi
    A. Pengertian Etika
    Etika (etik) berasal dari kata ethos (bahasa yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan
    atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh
    individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah
    dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.
    Etika dalam berkomunikasi harus dilandasi dengan kejujuran. Ada beberapa etika yang harus anda perhatikan, yaitu :


    1. Panggilan dengan panggilan menyenangkan
    2. Tidak emosional
    3. Membuka dialog dalam berkomunikasi
    4. Komunikasi dengan berlapang dada
    5. Menyikapinya penuh kedewasaan
    6. Berkomunikasi dengan pesan yang efektif dan efisien
    B. Pengertian Etiket
    Etiket adalah sikap yang baik meliputi cara-cara sopan santun atau aturan yang harus
    dipatuhi dalam pergaulan antar manusia yang beradab, yang meliputi :
    1. Ucapan yang sopan sesuai lingkungan
    2. Tingkah laku baik dan tidak menyinggung pihak yang diajak komunikasi
    3. Pakaian yang dikenakan sesuai acara yang dihadiri
    C. Keramahan Berbahasa
    1. Ekspresi wajah
    Sebelum memulai bicara diawali dengan senyuman, merupakan ekspresi keramahan.
    2. Pemilihan kata dan kalimat
    Pemilihan kata dan kalimat hendaknya disesuaikan dengan etika yang berlaku umum,
    misalnya :
    Penjual (menyapa): “Selamat pagi Pak, ada yang bisa saya bantu?“
    Pembeli : "Pagi ..., saya akan membeli baju tidur."
    Penjual : "Untuk bapak atau ..."
    3. Perbuatan
    Keramahan bisa diwujudkan dengan membantu pembeli mengemasi barang-barang
    belanjaan
    D. Etika memilih Media Komunikasi
    Pemilihan media komunikasi disesuaikan dengan produk yang akan atau sedang dipasarkan misalnya :
    1. Surat
    2. Brosur/pamflet
    3. Spanduk
    4. Papan iklan
    5. Radio (komunikasi antara penyiar dengan pendengar)
    6. Telepon (komunikasi antar individu)
    7. TV (komunikasi dari perusahaan yang mengiklankan produknya dengan penonton)
    8. Web site
    9. Koran, majalah


    sumber : e-dukasi.net

    0 komentar