Identifikasi Bahasa
A. Konfirmasi adalah memperteguh/memastikan suatu hubungan. Dengan memeriksa kembali semua data (alamat pengiriman, penagihan, dan daftar pesanan) untuk dipastikan kepastiannya
B. Diskonfirmasi ialah pembatalan hubungan, baik secara langsung maupun lewat media
C. Pendukung Komunikasi
1. Menguasai permasalahan
1. Menguasai permasalahan
2. Cakap berkomunikasi
3. Berkomunikasi dengan menggunakan internet
D. Penghambat komunikasi
1. Kurang pengetahuan
E. Bahasa yang mendukung sinyal-sinyal keputusan pelanggan
Seorang pembeli yang telah memutuskan untuk membeli akan terlihat dari :
a. Menganggukan kepala
b. Barangnya “bagus”
c. Mengatakan, “oke saya beli satu”.
d. “Boleh tidak saya bayar dengan kartu kredit ”, sambil membuka dompet untuk mengeluarkan kartunya
Seorang pembeli yang telah memutuskan untuk membeli akan terlihat dari :
a. Menganggukan kepala
b. Barangnya “bagus”
c. Mengatakan, “oke saya beli satu”.
d. “Boleh tidak saya bayar dengan kartu kredit ”, sambil membuka dompet untuk mengeluarkan kartunya
Identifikasi Gerak Tubuh Pelanggan
Identifikasi Gerak Tubuh
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi atau proses pemberian arti sesuatu antara dua atau lebih orang dan lingkungannya bisa melalui simbol, tanda atau perilaku yang umum, dan biasanya terjadi dua arah.
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi atau proses pemberian arti sesuatu antara dua atau lebih orang dan lingkungannya bisa melalui simbol, tanda atau perilaku yang umum, dan biasanya terjadi dua arah.
Menyapa adalah lambang terjadinya komunikasi.
A. Pengertian Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan tutur kata baik dengan tulisan maupun tidak, dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan tutur kata baik dengan tulisan maupun tidak, dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
= ketinggian suara | |
= intonasi | |
= kesopanan | |
= nada | |
= pengertian | |
= kecepatan | |
= lafal ucapan |
B. Proses Komunikasi Verbal
C. Pengertian Komunikasi Non Verbal (Non-Verbal Communication)
Komunikasi non-verbal adalah kontak mata, ekspresi wajah, penampilan fisik, nada suara,
gerakan tubuh, pakaian dan aksesoris yang kita gunakan semuanya memberikan efek atau
pengaruh yang cukup besar terhadap penyampaian pesan
Komunikasi non-verbal adalah kontak mata, ekspresi wajah, penampilan fisik, nada suara,
gerakan tubuh, pakaian dan aksesoris yang kita gunakan semuanya memberikan efek atau
pengaruh yang cukup besar terhadap penyampaian pesan
Hal yang perlu diperhatikan dalam (bahasa tubuh/sikap tubuh) adalah :
= kontak mata | |
= ekspresi wajah (merengut, senyum, tampang marah dsb) | |
= postur tubuh | |
= sentuhan (tapi hati- hati) | |
= perlengkapan badan dan pakaian |
D. Proses komunikasi Non Verbal
Menyambut dengan hormat, senyum, kemudian merekatkan kedua tangan.
Berjabat tangan tanda setuju dan kompak.
Etika dan Etiket Berkomunikasi
A. Pengertian Etika
Etika (etik) berasal dari kata ethos (bahasa yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan
atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh
individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah
dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.
Etika dalam berkomunikasi harus dilandasi dengan kejujuran. Ada beberapa etika yang harus anda perhatikan, yaitu :
1. Panggilan dengan panggilan menyenangkan
2. Tidak emosional
3. Membuka dialog dalam berkomunikasi
4. Komunikasi dengan berlapang dada
5. Menyikapinya penuh kedewasaan
6. Berkomunikasi dengan pesan yang efektif dan efisien
Etika (etik) berasal dari kata ethos (bahasa yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan
atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh
individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah
dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.
Etika dalam berkomunikasi harus dilandasi dengan kejujuran. Ada beberapa etika yang harus anda perhatikan, yaitu :
1. Panggilan dengan panggilan menyenangkan
2. Tidak emosional
3. Membuka dialog dalam berkomunikasi
4. Komunikasi dengan berlapang dada
5. Menyikapinya penuh kedewasaan
6. Berkomunikasi dengan pesan yang efektif dan efisien
B. Pengertian Etiket
Etiket adalah sikap yang baik meliputi cara-cara sopan santun atau aturan yang harus
dipatuhi dalam pergaulan antar manusia yang beradab, yang meliputi :
Etiket adalah sikap yang baik meliputi cara-cara sopan santun atau aturan yang harus
dipatuhi dalam pergaulan antar manusia yang beradab, yang meliputi :
1. Ucapan yang sopan sesuai lingkungan
2. Tingkah laku baik dan tidak menyinggung pihak yang diajak komunikasi
3. Pakaian yang dikenakan sesuai acara yang dihadiri
2. Tingkah laku baik dan tidak menyinggung pihak yang diajak komunikasi
3. Pakaian yang dikenakan sesuai acara yang dihadiri
C. Keramahan Berbahasa
1. Ekspresi wajah
Sebelum memulai bicara diawali dengan senyuman, merupakan ekspresi keramahan.
1. Ekspresi wajah
Sebelum memulai bicara diawali dengan senyuman, merupakan ekspresi keramahan.
2. Pemilihan kata dan kalimat
Pemilihan kata dan kalimat hendaknya disesuaikan dengan etika yang berlaku umum,
misalnya :
Penjual (menyapa): “Selamat pagi Pak, ada yang bisa saya bantu?“
Pembeli : "Pagi ..., saya akan membeli baju tidur."
Penjual : "Untuk bapak atau ..."
Pemilihan kata dan kalimat hendaknya disesuaikan dengan etika yang berlaku umum,
misalnya :
Penjual (menyapa): “Selamat pagi Pak, ada yang bisa saya bantu?“
Pembeli : "Pagi ..., saya akan membeli baju tidur."
Penjual : "Untuk bapak atau ..."
3. Perbuatan
Keramahan bisa diwujudkan dengan membantu pembeli mengemasi barang-barang
belanjaan
Keramahan bisa diwujudkan dengan membantu pembeli mengemasi barang-barang
belanjaan
D. Etika memilih Media Komunikasi
Pemilihan media komunikasi disesuaikan dengan produk yang akan atau sedang dipasarkan misalnya :
1. Surat
2. Brosur/pamflet
3. Spanduk
4. Papan iklan
5. Radio (komunikasi antara penyiar dengan pendengar)
6. Telepon (komunikasi antar individu)
7. TV (komunikasi dari perusahaan yang mengiklankan produknya dengan penonton)
8. Web site
9. Koran, majalah
Pemilihan media komunikasi disesuaikan dengan produk yang akan atau sedang dipasarkan misalnya :
1. Surat
2. Brosur/pamflet
3. Spanduk
4. Papan iklan
5. Radio (komunikasi antara penyiar dengan pendengar)
6. Telepon (komunikasi antar individu)
7. TV (komunikasi dari perusahaan yang mengiklankan produknya dengan penonton)
8. Web site
9. Koran, majalah
sumber : e-dukasi.net
0 komentar